Home ACARA PESANTREN Wisuda Qur’an XXIX | YPPPi Al-Fathimiyah

Wisuda Qur’an XXIX | YPPPi Al-Fathimiyah

1463
0

Lamongan (al-fathimiyah.com) – Yayayasan Pondok Pesantren Putri (YPPPi) Al Fathimiyah Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan menggelar acara Wisuda Al Qur’an XXIX, pada Sabtu (19/2/2022) kemarin.

“Alhamdulillah, pada tahun ini pesantren putri Al-Fathimiyah dapat meluluskan santri penghafal juz 30 sebanyak 128 anak, yang mana ini sebagai syarat untuk mengawali menghafal 30 juz Al Qur’an serta juga bisa menjadikan 30 anak sebagai Hamalatul Qur’an atau hafal Al-Qur’an 30 juz,” ujar Pengasuh Ponpes Putri Al Fathimiyah, KH Abdulloh Adib Haad.

Menurut pengasuh yang akrab disapa Gus Adib ini, bahwa dari 30 anak yang khatam 30 juz itu 11 di antaranya masih menempuh pendidikan di MA Al Fathimiyah, yang artinya mereka telah khatam sebelum lulus MA, sesuai dengan target pada program Takhossus.

Diketahui, YPPPi Al Fathimiyah adalah salah satu lembaga pendidikan pesantren di Lamongan yang bersendikan Al Qur’an. Pesantren ini memiliki dua lembaga formal yakni MTs dan MA Tahfidzul Qur’an, bercirikan Tahfidzul Qur’an lantaran sesuai keinginan pendiri pondok, yakni KH. Abdul Hadi Yasin (Alm) dan Hj. Khoiriyah Hadi, yang merupakan orang tua dari Gus Adib.

“Karena dulu pendirinya sendiri juga alumni pesantren Tahfidzul Qur’an yang kemudian meneruskan pembelajaran di tanah keramat Kanjeng Sunan Drajat yakni kampung gendingan. Selain lembaga formal, di sini juga ada lembaga non formal mulai jenjang SLTP hingga perguruan tinggi. Bahkan, santri sini juga ada yang cuma menghafal Qur’an saja,” terangnya.

Lebih lanjut, Gus Adib juga berterimakasih kepada sejumlah pihak yang sudah membantu terlaksananya acara wisuda. “Alhamdulillah berkat dukungan moral maupun spiritual dari masyarakat luas berupa kepanitiaan sampai dukungan yang tak bisa kami sebutkan satu persatu dari masyarakat Desa Banjarwati dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan, bahwa membangun karakter generasi muda berwawasan Al Qur’an adalah hal yang urgen. Dengan begitu, generasi ini akan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam segala aspek kehidupan mereka.

Bupati yang kerap disapa Bupati YES ini juga mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas digelarnya wisuda tersebut, dikarenakan YPPPi Al Fathimiyah turut membumikan Al Qur’an bagi generasi muda, utamanya di Kabupaten Lamongan.

“Rasanya bangga sekali saya bisa menghadiri wisuda Al Qur’an di Ponpes Putri Al Fathimiyah ini. Ribuan santri penghafal lulus tiap tahunnya. Banyak sekali generasi Lamongan yang cinta Al Qur’an. Mudah-mudahan banyak generasi muda yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidupnya dan Lamongan mendapat cahaya Al Qur’an,” ungkap Bupati YES. Selain itu, Bupati YES menuturkan, demi membentuk generasi Qurani, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mendorong dan mendukung berbagai gerakan menghafal Al Qur’an. Hal itu, imbuhnya, supaya Al Qur’an dapat senantiasa membumi di Lamongan.

https://www.youtube.com/watch?v=CMFLNKbVC2U
Live Streaming Prosesi Wisuda di Channel Youtube Official ( Al-Fathimiyah TV )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here